BLACKBERRYMU MENGALIHKAN CINTAMU

Tuesday, May 10, 2011

Nama gua Vera. Umur gua 25 tahun. Gua kerja di salah satu perusahaan yang cukup besar di jakarta sebagai akuntan. Gua wanita karier yang udah mapan. Sebentar lagi gua merit ama tunangan gua. Namanya Ryan. Ryan Adiwinata. Si sulung dari tiga bersaudara. Orang bilang gua beruntung banget bisa dapat cowok yang sebaik Ryan. Udah ganteng trus takut akan Tuhan lagi deh. Jadi jangan bayangkan kalo selama kami pacaran ada ‘action’ yang aneh-aneh. Paling hanya pegangan tangan. Itu aja. Ngga lebih. Ngga kurang. Ya, kita sama-sama komitmen untuk menjaga kekudusan sampai kami menikah nanti.

Ryan itu orangnya pendiam tapi kalo udah diajak ngobrol. Ya ampun, ngalahin ibu-ibu yang lagi bergosip. Ha…Ha…Ha… Beberapa bulan belakangan ini gua sibuk banget untuk mempersiapkan pesta pernikahan kami. Maklumlah, pernikahan itu kalau bisa cukup sekali seumur hidup.
Gua kenal dia gara-gara dikenalin ama si Arif. Duh, thanks banget buat Arif yang udah bersusah payah nyombalangin gua ama Ryan. Gua ingat pas di Darmaga Cafe tanggal 1 July 2002, dia nembak gua. Duh, penembakan yang lucu banget. Pas selesai makan, dia pamit ke toilet. Nga lama kemudia ponsel gua berbunyi. Eh, ternyata dari Ryan.
“Hallo!”
“Yup, ada apa?” tanya gua kaget.
Gimana ngga kaget. Orang masih satu lokasi tapi malah telponan. Mau dibilang ponselnya jatuh di kloset ngga mungkin. Dia kan lagi nelpon. Mau dibilang ada bom, kok ngga ada suara ledakan.
“Ngga napa-napa kok!”
“Trus, napa telpon? Kan bisa ngomong langsung?”
“Mhmmm… Gimana ya?”
“Apanya yang gimana?”
“Gua sayang ama loe. Loe mau ngga jadi pacar gua?”
Gua diam. Nih orang gi bercanda atau mau ngerjain gua ya? Gua liat disekeliling gua untuk memastikan ngga ada kamera yang tersembunyi.
“Ver, gua serius! Gua suka ama loe!”
“Ok! Kalo gitu loe ngomong langsung ke gua kalo loe serius!”
Lima menit kemudian dia mucul di hadapan gua dengan wajah merah kayak kepiting rebus. Dan dengan terbata-bata dia bilang ” I love you.”
Ha…ha…ha… Antara mau ketawa dan senang deh.
“Tapi gimana ya? Gua udah punya….”
Gua perhatikan ekspresinya yang kecewa. Dia tertunduk.
“Gua udah punya pilihan buat jadi pacar gua.” lanjut gua.
Dia menatap gua dengan penuh kecewa yang teramat dalam. Seperti anak kecil yang kecewa permintaannya ngga dikabuli.
“Gua udah memilih seseorang untuk gua cintai dan orangnya adalah loe!”
Tatapannya berubah. Perlahan dia mulai menarik bibirnya untuk mengukir sebuah senyuman.
Itulah awal gua ama Ryan memulai sejarah cinta kami.
Yang namanya orang pacaran pasti ada pertengkaran kecil yang membuat kami malah semakin dekat. Beda pendapat itu biasa. Orang bilang bumbu dalam pacaran yang bikin hubungan kami makin berwarna.
************
Tapi semuanya berubah ketika Ryan memiliki Blackberry. Gua benar-benar pusing tujuh keliling dan heran setengah mati dengan perubahannya itu. Ok, coba bayangin kalo kalian ada di posisi gua yang punya pasangan seperti Ryan. Mendadak dia menjadi super sabar. Sabar sesabar sabarnya. Bahkan cowok tersabar yang gua kenal. Sebelumnya sih dia sabar juga sih tapi ada batasan. Nah, sejak punya BB, kayaknya tuh kesabarannya ngga ada batasnya deh.
Bayangin ya, setiap kali dia ngantri buat beli tiket kalo kami mau nonton, dia biasa-biasa aja. Ngga ada ekspresinya sama sekali. Ekspresi kekesalan gitu. Malah makin panjang antriannya makin bagus katanya. Belum lagi kalo nunggu lift yang lama banget. Pernah juga tuh pas gua temenin dia ngantri di salah satu bank untuk ngurus KPR. Maklumlah harus siapin segala sesuatunya agar selesai persepsi pernikahan langsung tinggal di rumah sendiri. Balik lagi ke kejadian di bank. Karenma gua kebelet gua tinggalin dia sebentar. Dan begitu gua balik. ASTAGA! Mata gua melotot! Nomor antrian dia udah lewat dan dia asyik aja dengan BBnya. Mau ngga mau yang ambil antrian ulang lagi. GUBRAK!
Beberapa kali gua harus ekstra sabar menghadapi dia kalo dia lagi di toilet.
“Yang, kok lama banget sih?” Tanya gua di depan kamar mandi yang ada di ruang tamu di rumah gua. Maklum kalo lagi malas ke mana-mana lebih milih ngedate di rumah gua atau dirumahnya dia. Selain hemat bias sekalian dekat ama anggota keluarga yang lain.
“Ntar ya!” sahutnya dengan nada datar. DATAR! Tanpa rasa ekspresi bersalah.
Bayangin udah hampir dua puluh menit di kamar mandi. Kalo sekali dua kali sih bisa dimaklumi. Bisa aja dia lagi diare. Daripada bolak-balik mending aja sekalian lama-lama di kamar mandi. Iya ngga? Tapi ini, setiap kali ke toilet. Ngga hanya di rumah gua atau di rumahnya dia. Tapi di mal juga. Kaki gua bisa pegal-pegal karena nungguin dia keluar dari toilet. Biasanya yang lama di toilet itu cewek tapi ini kebalik. Apa dunia udah kebalik ya? Setelah Mama Loren meninggal dunia? Rasanya gua pengen aja masuk ke toilet cowok kalo tuh kosong. Pengen gua samperin. Huf!
“Sorry, kelamaan!” Cuma itu doang yang dia bilang setiap kali keluar dari toilet.
Kalo gua kurang kerjaan, gua pengen buka klub PCKCDGB alias “PERSATUAN CEWEK KORBAN COWOK DONGO GARA-GARA BLACKBERRY”. Setuju? Kalo setuju kontak gua aja. He…He…He…
Begitu juga pas kalo lagi dijalan kena macet. Biasanya kalo macet, dia pasti mengeluh. Tapi sekarang dia berubah. Dia sibuk dengan BBnya. Macet berjam-jam pun ngga masalah bagi dia. Begitu juga dengan lampu merah. Kalo perlu setiap 10 meter kena lampu merah sekali pun dia ngga bakalan protes. Benar-benar tenang dia menghadapi itu semuanya. Bahkan beberapa kali kena klason ama mobil dibelakang gara-gara dia keasyikan ama BBnya dan ngga jalan-jalan. Rasanya pengen gua buat spanduk gede yang gua taruh dibelakang mobilnya yang tulisannya “SORRY YA! SOPIRNYA GI BBMAN NIH!”
Hal tergila yang dia lakukan menurut gua adalah ketika dia memutuskan untuk naik busway ke tokonya setiap hari. Padahal jelas-jelas dia paling anti ama yang namanya berdesak-desakan.
“Yang, kok tumben naik busway?” tanya gua suatu hari.
“Ow, biar hemat aja.”
Hah! Biar hemat?! Sejak kapan dia bisa hemat? Yang pasti itu hanya alasan biar bisa mainin BBnya sepanjang dalam perjalanan. Kadang juga nih dia nyuruh gua yang bawa mobilnya dia kalo pas mau ngedate dan seperti biasa dia akan asyik dengan BBnya. Dulu gua yang sukadimarah-marahin ama dia dan sekarang gua yang suka marah-marah karena dia keasyikan dengan mainan barunya itu. Huf!!!!!
Wajar dong kalo gua marah-marah atau cemburu ama si Mbak Berry alias Blackberry. Ingin rasanya gua tulis sebuah puisi yang berjudul “BLACKBERRYMU MENGALIHKAN CINTAMU”. Biar dia nyadar kalo gua itu ceweknya dia bukan si Mbak Berry itu. Aduh kalo aja belum nyebar undangan ke mana-mana rasanya pengen aja gua batalin tuh pernikahan biar dia kapok sekapok kapoknya. Biar dia sembuh dari penyakit dongonya itu.
Bayangin aja, dia bisa senyum-senyum sendiri dan pas gua ngajak ngobrol bukannya liat gua tapi matanya tertuju ke layer BBnya. Bukan Cuma ke gua tapi kalo orang lain juga. Kesal ngga sih? Pernah tuh dia hampir ketabrak mobil pas nyebrang jalan. Bukannya perhatiin mobil tapi dia keasyikan nyebrang aja seenaknya sambil chat ria di BBnya.
Dia paling panik kalo baterai BBnya udah sekarat kayak ikan di pasar. Matanya langsung mencari stop kontak dan mengeluarkan perlengkapan carger BBnya yang selalu di bawa kemana-mana. Dulu kalo jalan berdua dia suka gandeng tangan gua tapi sekarang yang ada tuh BB ngga pernah lepas dari tangannya. Kayak telapak tangganya udah dilem dengan BBnya. Paling kalo mandi aja tuh ngga BBMan.
Tapi terlepas dari itu semua, gua cinta mati ama Ryan.
************
Di satu sore yang ceria, gua mendadak di telpon ama adiknya dia, Erwin.
“Ci, harus kerumah sakit sekarang!”
“Kenapa?” Tanya gua dengan panik.
“Ko Ryan kecelakaan.”
Astaga! Gua pun langsung ke rumah sakit yang di maksud. Ketika gua masuk gua liat Ryan terbaring dengan lemas. Ngga ada yang patah hanya saja pinggangnya keseleo gara-gara ditabrak ama gerobak sampah yang lewat dekat rumahnya dia hanya lagi-lagi karena dia keasyikan dengan BBnya. Tapi ada untungnya juga sih, pas diperiksa ternyata dia usus buntu jadi sekalian deh di operasi.
“Kok bisa sih kayak gini?” Tanya gua pura-pura ngga tau padahal Erwin udah cerita semuanya.
Dia hanya diam seribu bahasa. Gua perhatiin tangannya. OMG! Gua perhatiin meja dan sekitarnya. BBnya ngga ada.
“Kemana tuh BBnya?”
“Hilang, Ci! Paling juga udah ada di pembuangan sampah! Ha…Ha…Ha… Makanya jadi orang jangan dongo!” celutuk Erwin yang dari tadi mendampingin kokonya.
Gua hanya tersenyum saja.
5 hari kemudian dia keluar rumah sakit dan gua bersyukur dia ngga dongo lagi gara-gara bbnya. Dan dia janji dia ngga akan beli blackberry lagi, tapi pengen beli iphone aja. Gua sih setuju-setuju aja. Asal jangan Blackberry aja. Tapi ternyata gua salah. Salah besar. Dengan iphone pun dongonya malah mejadi-jadi. PLEASE DEH!
*************
TAMAT

0 komentar: